Pages

Senin, 07 Januari 2019

Belajar Bahasa Perancis Secara Otodidak? Bukan Masalah!


Mempelajari bahasa asing merupakan pilihan yang banyak diminati dan digeluti para remaja saat ini. Hal ini juga didukung dengan berdirinya lembaga bahasa asing yang menawarkan program kursus belajar bahasa asing dan hadirnya jurusan bahasa asing di berbagai Universitas di Indonesia. Dengan bekal bahasa Inggris yang telah diajarkan sejak Sekolah Dasar, memiliki kemampuan berbahasa asing lainnya dapat menambah nilai lebih terutama dalam bidang pekerjaan yang melibatkan kerja sama dengan negara dengan sedikit pengguna berbahasa inggris seperti Jepang, Korea, Cina, Perancis, dan sebagainya.

Bahasa Perancis merupakan bahasa asing dengan lebih dari 200 juta penutur yang tersebar di dunia. Terdapat pula negara yang meggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa ibu dan menjadikan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi yang juga digunakan dalam organisasi internasional seperti PBB, UNESCO, dan lain-lain. Bahasa Perancis pun dapat digunakan sebagai alternatif atau dasar untuk mempelajari bahasa latin. Pada ulasan kali ini, saya akan membahas beberapa aplikasi yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Perancis secara otodidak yang dapat diunduh melalui appstore / play store :

1. Lingodeer
Merupakan aplikasi pembelajaran bahasa asing yang secara gratis dapat diakses secara offline. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2017, awalnya berfokus untuk mempelajari bahasa asing yang ada di Asia seperti Jepang, Cina, Korea, dan Vietnam. Namun saat ini, pihak Lingodeer menambah beberapa pilihan bahasa asing lainnya yang bisa dipelajari salah satunya ialah bahasa Perancis. Untuk menggunakan aplikasi ini, kita harus membuat akun terlebih dahulu.


Materi pembelajaran yang disajikan tersusun secara terarah dan merupakan sebuah nilai lebih bagi pemula dengan fitur pengenalan alfabet dalam bahasa asing yang dipilih, kemudian baru dikenalkan ke materi dasar. Di setiap level terdapat menu learning tips sebagai pendamping materi yang nantinya berguna untuk menjawab soal-soal. Metode pembelajarannya pun terkesan tidak membosankan dan variatif. Kita dapat mengevaluasi hasil belajar dengan adanya fitur overviews dan mengatur waktu pembelajaran dengan reminders.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah terdapat fitur review yang dapat kita gunakan untuk mengulang kembali kosa kata maupun tata bahasa yang telah dipelajari. Hanya saja, untuk soal yang menyuruh kita untuk mengucap suatu kata (speaking test) tidak ditunjukkan benar salahnya terhadap cara pengucapan yang kita ucap. Selain itu, untuk mempelajari bahasa asing umunya diarakan dengan bahasa inggris. Jadi belum tersedia dalam bahasa Indonesia sebagai bahasa penunjang dalam bahasa asing yang ingin dipelajari.

2. Kamus Perancis-Indonesia oleh Eflasoft
Kamus Perancis-Indonesia merupakan aplikasi all-in-one dalam menunjang pembelajaran bahasa Perancis. Selain kamus, aplikasi yang dibuat oleh Eflasoft juga menyediakan fitur pembelajaran berupa latihan soal yang efisien dengan besar aplikasi 51 MB. Menariknya dalam aplikasi ini, kita juga disuguhkan berbagai contoh kalimat yang biasa digunakan sehari-hari dalam menu phrases.
Dalam latihan soal, disediakan berbagai macam tipe permainan sambil belajar seperti dual game, matching game, true or false, dan fall game yang ditujukan agar pengguna tidak merasa bosan dan jarang terjadi pengulangan kata dalam satu permainan di waktu yang sama. Tak lupa, di setiap latihan soal terdapat waktu yang terus berjalan. Semakin cepat anda menyelesaikan soal, semakin baik pula hasil yang di dapatkan. Hasil pengerjaan tiap soal tersebut dapat kita lihat di menu Test Results.

Kekurangan dari aplikasi ini terkadang adanya iklan yang muncul dan sedikit mengganggu pengguna ketika sedang mengerjakan latihan soal sementara waktu terus berjalan.

3. Memrise
Memrise adalah aplikasi pembelajaran bahasa asing yang lebih memfokuskan pengguna untuk menambah kosa kata dengan menggunakan flashcards. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 150 juta bahasa asing yang dapat diakses secara gratis dengan lebih dari 10 juta pengguna. Selain dapat diunduh, Memrise juga dapat diakses melalui PC secara online.

Dalam penggunaannya, aplikasi ini mengharuskan kita untuk membuat akun atau kita juga bisa login dengan akun google ataupun facebook. Setelah login, kita pilih bahasa manakah yang ingin dipelajari dan level apakah yang akan kita mulai. Secara otomatis, Memrise akan mengatur materi pembelajaran sesuai level yang telah kita pilih. Sesuai dengan tujuan dibuatnya Memrise, aplikasi ini menawarkan berbagai macam model permainan yang efektif untuk menunjang kemampuan berbahasa pengguna seperti kemampuan mendengarkan, menulis, dan mengucapkan. Kita juga bisa membuat soal sesuai keinginan kita dengan memilih menu create a course.

Walaupun aplikasi ini bersifat gratis, terdapat pilihan fitur berbayar berupa Go Pro dengan keuntungan yang bisa kita manfaatkan seperti berbicara dengan penutur asing dan akses video, audio yang lebih luas
Perbedaan isi fitur gratis dan berbayar

4. HelloTalk
Hasil gambar untuk hellotalk
HelloTalk merupakan sebuah aplikasi chatting yang di desain untuk membantu kita dalam mempraktekkan bahasa asing yang tengah dipelajari dengan berhubungan langsung dengan penutur asing (native speakers) dari berbagai negara di seluruh dunia secara personal maupun dalam sebuah grup. Selain digunakan untuk penunjang kecakapan dalam berbahasa asing, aplikasi ini juga ditujukan sebagai wadah pertukaran budaya. Jadi, selain mempelajari penggunaan struktur kosa kata, kita juga dapat menambah pengetahuan umum tentang negara lain.
 
HelloTalk telah didukung lebih dari 100 bahasa dan 5 juta pengguna memiliki sisi yang berbeda dengan aplikasi lainnya. Aplikasi chatting ini hadir dengan berbagai fitur unggulan yang memudahkan pengguna seperti terjemahan untuk menerjemahkan teks kedalam bahasa yang kita inginkan, konversi suara ke teks maupun sebaliknya, dan fitur correction yang dapat mengoreksi kesalahan grammatikal dalam kalimat. Selain itu, kita juga bisa menyimpan posting orang lain dengan memilih fitur favorites.

Untuk langkah awal dalam penggunaannya, kita harus membuat akun dengan mengisi nama, usia, asal negara, bahasa ibu, bahasa yang akan dipelajari serta tingkat kecakapan dalam bahasa ibu maupun bahasa asing yang ingin dipelajari. Secara keseluruhan, saya menyukai aplikasi ini. Fitur yang ditawarkan juga cukup memuaskan sebagai pengguna fitur free yang jelas berbeda dengan pengguna fitur pro yang lebih luas dalam mengakses aplikasi HelloTalk. 

Itulah 4 aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu dalam belajar bahasa Perancis. Semoga ulasan saya dapat membantu sebagai referensi anda. Jika anda memiliki saran aplikasi lain, dapat anda tuliskan dalam kolom komentar dibawah. 

1 komentar:


  1. Britania Bekasi Hunian gaya Eropa harga 200jutaan
    Harga cash keras Rp 298 juta
    bebas banjir
    Rumah full bata merah Double dinding telah sold 800 unit
    Terdapat kolam ,taman dan joging track Free Biaya BPHTB,AJB,IMB.Listrik dan subsidi KPR 12-24,5jta

    Dp 17 Jutaan
    Cicilan 3juta /bulan
    Dp bisa dicicil selama 6-12 x

    KPR available :
    BRI,BTB,BSI,BNI

    Hubungi untuk survey Lokasi
    Ayu 081318601317

    #rumahmewah #britaniabekasi #hargarumahbekasi #rumahmurahdibekasi #propertybekasi #hargapropertybekasi #jualrumahtangerang

    Britania Bekasi merupakan proyek perumahan yang dikembangkan oleh Mas Group. Britania Bekasi mengusung konsep hunian bergaya Eropa dengan fasilitas yang mewah dikelasnya dan juga kualitas bangunan terbaik.

    Fasilitas :
    - Club House
    - Swimming Pool
    - Jooging Track Area dan 50% ruang terbuka hijau
    - Stasiun Commuter Line Tambun dan Akses Toll Jorr 2
    - 10 menit ke Stasiun Commuter Line Tambun
    - 5 menit ke Exit Toll Jorr 2
    - 30 menit ke Mall Summarecon Bekasi
    - Dekat dengan banyak Fasilitas Rumah Sakit dan Sekolah.



    https://bsmpropertytangerang.blogspot.com/
    https://twitter.com/PropertyTng
    https://www.instagram.com/sewapropertymurah/
    https://www.facebook.com/Properti-tangerang-110156497801428
    https://www.youtube.com/watch?v=sr1QbOxkmfE

    BalasHapus