Pages

Selasa, 08 Januari 2019

Belajar Makin Asyik dengan Kahoot!

Belajar secara mandiri terkadang terasa kurang efektif dan tidak menarik. Agar lebih hidup, kita memilih untuk belajar bersama. Namun, bagaimana jika ada sebuah website yang menyediakan untuk bermain bersama teman-teman namun tetap bisa belajar? pasti mengasyikkan bukan? pada ulasan kali ini saya akan menyinggung website bernama Kahoot. Apa itu Kahoot? simak lebih lanjut yuk!

Kahoot adalah salah satu website yang menyediakan fitur bermain sambil belajar secara mandiri maupun kelompok. Kahoot juga bisa digunakan para guru sebagai alternatif untuk memberi latihan soal berupa kuis kepada pada siswanya. Terdapat berbagai kelompok mata pelajaran yang disediakan seperti matematika, pengetahuan alam, hingga pengetahuan umum. Kahoot dapat dimainkan secara online melalui PC maupun android dan iOS.

Tampilan untuk login Kahoot

Untuk bisa bermain Kahoot, kita bisa login dengan membuat akun atau dengan alamat gmail dan facebook. Setelah itu pilih kuis yang akan dikerjakan. Disini, anda bisa menjadi operator atau pengunjung untuk mengerjakan soal yang telah dipilih. Sebelum memasuki soal, kita akan dimintai pin dan mengisi username. Setelah itu, barulah muncul laman pertanyaan dan jawaban. Sebagai operator, andalah yang memegang kendali kapan kuis akan dimulai.

Pilih salah satu mode yang akan dimainkan

Tampilan pada layar operator


Tampilan untuk memasukkan pin pada layar pemain

Soal yang ditampilkan pada layar operator/ketika memainkan sendiri

Kita juga dapat membuat kuis dengan Kahoot dengan mudah. Caranya, klik tombol create lalu quiz jika anda ingin membuat soal berupa kuis. Kemudian isi kolom judul, deskripsi, visible to, bahasa dan audience. Setelahnya, klik OK lalu go untuk melanjutkan pembuatan kuis dengan mengisi pertanyaan dan jawaban yang telah anda sediakan. Jangan lupa untuk menandai jawaban yang benar. Jika sudah, simpan soal yang telah anda buat dan mainkan Kahoot secara bebas bersama teman-teman, siswa, dan keluarga anda. Meski telah disimpan, anda masih bisa mengubah jika ada kesalahan di dalam soal anda.

Tampilan menu untuk membuat soal

Klik disini jika anda ingin mencoba soal Kahoot yang telah saya buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar