Pages

Senin, 07 Januari 2019

Hot Potatoes : “Kentang Panas” yang Membuat Belajarmu Lebih Produktif

Seiring dengan kemajuan dalam bidang teknologi pada saat ini, software untuk media pembelajaran juga terus dikembangkan sebagai alternatif agar digunakan dalam proses belajar mengajar. Salah satunya ialah software yang bernama Hot Potatoes yang dirancang untuk membuat kuis berbasis web. Untuk menggunakan software ini, kita harus mengunduh terlebih dahulu melalui laman http://hotpot.uvic.ca/. Di dalam software ini, terdapat 6 fitur untuk membuat berbagai macam quiz yang telah disediakan, yaitu : JQuiz, JMatch, JCross, JCloze, JMix, dan The Masher.

1. JQuiz
JQuiz ialah fitur yang dimanfaatkan untuk membuat soal dengan beberapa opsi jawaban yang tersedia. Bentuk jawaban dari macam soal ini berupa pilihan ganda, jawaban singkat, hybride (gabungan), dan multi selected (lebih dari satu jawaban). Anda juga bisa menambahkan feedback sebagai penjelasan dari setiap jawaban yang ditampilkan.

2. JMatch
JMatch digunakan untuk membuat kuis dengan bentuk menjodohkan bagian kiri dan kanan. Untuk membuatnya, kita harus mengisi bagian soal di sebelah kiri dan jawaban di sebelah kanan. Kemudian klik fix jika soal dan jawaban yang dibuat sudah benar.

3. JCross
Digunakan untuk membuat latihan soal berupa teka-teki silang. Untuk pembuatannya, isi judul soal dari teka-teki silang yang akan anda buat, lalu klik create a crossword grid automatically dan tuliskan jawaban dari soal yang telah dibuat. Kemudian klik make a grid dan secara otomatis JCross akan menyusun jawaban anda sesuai dengan bentuk teka-teki silang. Langkah selanjutanya dengan mengklik add clues dan tuliskan soal-sal sesuai dengan jawaban yang telah anda tentukan.

4. JCloze
Untuk membuat soal dengan kalimat rumpang, kita bisa menggunakan menu JCloze. Kita biasa menjumpai model kuis seperti ini untuk mengasah kemampuan penggunaan tata bahasa. Penggunaanya tergolong mudah, awalnya kita harus menyediakan teks apapun. Kemudian isi judul soal, masukkan teks dengan memblok kata yang akan dijadikan bagian yang hilang. Isi clue dan alternative correct answer bila perlu dan klik tombol ok. Lakukan dengan cara yang sama untuk membuat kata rumpang lainnya.

5. JMix
JMix digunakan untuk membuat latihan soal berupa beberapa kata atau kalimat yang disusun secara acak. Sama seperti tipe soal sebelumnya, kita harus mengisi kolom judul. Kemudian isi bagian main sentences dengan kata atau kalimat secara acak, lalu isi kolom alternative sentences sebagai jawaban yang telah tersusun benar.

6. The Masher
The Masher merupakan fitur berbayar yang digunakan untuk menyatukan kumpulan soal yang telah dibuat dengan 5 jenis fitur diatas. Selain itu fungsi dari bagian ini, kita bisa memonitoring konten latihan secara langsuing ke server dari Hot Potatoes.

Sekian informasi singkat mengenai software Hot Potatoes. Apabila berkenan, anda bisa mencoba mengerjakan kuis yang telah saya buat dengan fitur JCross dalam bahasa Perancis dengan mengunduhnya disini. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar