Pages

Selasa, 08 Januari 2019

Buat Survey Lebih Mudah dengan Google Docs



Google docs adalah layanan berbasis web oleh google yang dapat digunakan sebagai pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat dan menyunting dokumen secara online sendiri maupun dengan pengguna lain. Situs web ini cocok digunakan sebagai sarana dalam mengerjakan tugas secara kelompok tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Tidak hanya sampai disitu, pihak google terus melakukan inovasi dengan menambahkan fitur lain dalam google docs bernama google forms. Fitur ini membantu Anda untuk membuat formulir maupun kuisioner online sebagai sarana untuk melakukan survei. Melalui google forms, Anda dapat mengatur jenis soal dalam bentuk pilihan ganda atau isian singkat yang wajib atau tidak wajib untuk diisi, mengatur tema, dan menambahkan gambar atau video.



Untuk menggunakannya fitur ini, Anda memerlukan akun google, kemudian log in. Setelah itu, buka google forms, lalu klik Go to Google Form. Klik kotak kosong untuk memulai formulir baru. Isikan judul formulir dan deskripsi formulir (bila perlu). Kemudian, tuliskan pertanyaan yang sudah disiapkan, pilih jenis jawaban (pilihan ganda atau isian), tuliskan opsi jawaban jika Anda ingin membuat soal pilihan ganda. Jika pertanyaan penting untuk dijawab, switch tombol wajib diisi. Anda dapat menggandakan soal atau menghapus soal yang sudah Anda buat. Untuk menambahkan soal, klik tombol plus di sisi kanan.


Jika pertanyaan-pertanyaan yang dibuat sudah cukup, Anda dapat mengirim formulir melalui e-mail atau mengirim link ke media sosial. Setelah itu, Anda dapat memantau respon dari orang-orang yang telah mengisi form pada bagian tanggapan. Saya telah membuat kuisioner yang bisa anda coba isi disini

Sekian, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar