Pages

Selasa, 08 Januari 2019

Bikin Video Animasi Lebih Gampang dengan Scratch!

Pada era saat ini, anak-anak lebih dini diajarkan tentang penggunaan teknologi informasi melalui beberapa situs programming untuk mengasah kreativitas dan kemampuan diri. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang sebuah situs untuk membuat program yang didedikasikan oleh pihak MIT Media Lab yang bernama Scratch.

Tampilan pada laman utama

Scratch adalah sebuah bahasa pemrograman visual untuk pembelajaran bagi para pemula untuk belajar membuat program tanpa ribet. Scratch, kita bisa membuat cerita, permainan, dan animasi bergerak secara interaktif dan menarik yang nantinya bisa kita publikasikan. Aplikasi ini dapat diakses melalui web langsung secara gratis. Untuk menggunakannya, kita harus membuat akun dahulu barulah bisa membuat karya.

Tampilan laman kerja Scratch

Sesuai dengan tujuan dibentuknya website ini kepada pengguna pemula khususnya anak-anak, aplikasi ini memang sesuai dan saya pun menyukainya. Awalnya memang sedikit membingungkan dan memang menuntut kita untuk terus mencoba kesana dan kesini. Disisi lain, fitur yang ditawarkan pun cukup mumpuni. Hanya saja, keterbatasan space untuk membuat animasi menjadi penghalang. Ditambah lagi, jika terlalu banyak tokoh dan fitur yang kita masukkan di dalam laman kerja tersebut, hasilnya akan memberatkan dan menimbulkan loading yang lama.

Bagi para pembaca yang ingin melihat hasil kerja saya dalam menggunakan Scratch, bisa dilihat disini. Sekian dan terimakasih!

2 komentar: